Senin, 25 Maret 2019

Investasi Sementara

Pengertian investasi jangka pendek

Secara umum investasi jangka pendek diartikan sebagai investasi sementara dalam surat-surat berharga yang mudah diperjual belikan dengan uang atau kas yang menganggur dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan aliran kas masuk.

Karakteristik investasi jangka pendek :
· Surat-surat berharga itu harus dapat dijual kembali dengan harga yang yang berlaku pada tanggal penjalannya. Surat-surat berharga yang memenuhi syarat adalah surat-surat berharga yang terdapat dalam bursa saham.
· Penjalannya kembali oleh pimpinan perusahaan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan uang.
· Pemilikan surat berharga tidak dengan maksud menguasai perusahaan lain

Investasi Jangka Pendek Dalam Saham

Saham adalah surat bukti yang menyatakan bahwa pemegang saham ikut serta memodali suatu Perseroan Terbatas (PT). Pemegang saham akan memperoleh manfaat dari hasil penanaman modal berupa bagian laba dari perseroan terbatas yang disebut dengan laba deviden.

Pencatatan Pembelian Saham

Pembelian saham akan dicatat sebelah debet akun surat-surat berharga menurut harga perolehannya. Yang dimaksud dengan harga perolehan adalah harga kurs ditambah dengan semua biaya yang terjadi pada saat pembelian.

Dalam jual beli surat berharga dikenal beberapa istilah yaitu:
· Harga Nominal yaitu nilai surat berharga yang tertera diatas surat berharga.
· Harga kurs adalah persen kurs dikalikan dengan harga nominal.

Biaya-biaya pada jual/beli beli surat berharga berupa :
· Biaya provisi adalah upah perantara adalah upah perantara yang melakukan transaksi jual atau beli surat berharga.
· Biaya materai

Pencatatan Penjualan Saham
Yang perlu diperhatikan dalam penjualan saham adalah rugi atau laba atas penjalan saham. Jika harga jualnya lebih tinggi dari harga perolehannya maka dalam penjualan tersebut akan diperoleh laba yang akn dicatat dalam akun laba penjualan surat berharga sebelah kredit, sebaliknya jika harga jual lebih rendah dari harga perolehan maka akun terjadi rugi dan akan dicatat dalam akun rugi penjualan saham sebelah debet.

Investasi Jangka Pendek Dalam Oligasi

Obligasi adalah surat bukti yang menyatakan pemegangnya memberikan pinjaman sejumlah uang pada badan yang mengeluarkan obligasi tersebut.

Bunga Berjalan

Yang dimaksud dengan bunga berjalan adalah bunga yang diperhitungkan sejak tanggal kupon yang terakhir sampai tanggal jual/beli obligasi.

Pencatatan dengan bunga berjalan dapat dilakukan dengan dua pendekatan :
1) Pendekatan Laba/Rugi
2) Pendekatan Neraca atau Pendekatan Harta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Gunadarma University

Gunadarma University, my campus, where I study, looking for a lot of knowledge. My highest level of education. At the Gunadarma J campus, I ...