Minggu, 04 November 2018

PIUTANG



Piutang adalah tagihan sejumlah uang dari si penjual kepada pembeli karna adanya suatu transaksi dan piutang timbul karena adanya penjualan secara kredit kepada perusahaan lain.

Jenis-jenis piutang

Piutang dagang : tagihan kepada pelanggan.
Piutang wesel : klaim yang dibuktikan dengan instrument kredit secara formal.
Piutang lain-lain : piutang yang mencakup selain putang dagang.

Penilaian Piutang Usaha
Menilai jumlah piutang pelanggan yang tak tertagih dan dijadikan akun beban tak tertagih pada posisi debit.

1) Metode penghapusan langsung 
jika piutang tersebut telah dipastikan tidak dapat ditagih maka baru dianggap sebagai piutang tak tertagih dan kerugian piutang dibebankan ke beban piutang tak tertagih. 

2) Metode penyisihan.
dilakukan dengan cara mengestimasi jumlah piutang yang tak tertagih pada setiap akhir periode.Hal ini akan memberikan kesesuaian pembebanan di laporan laba rugi dan memastikan penilaian piutang berdasarkan nilai realisasi kas bersih .                           
     
Mencatat Penghapusan Piutang Tak Tertagih

1) Penjualan piutang
Perusahaan menggunakan banyak metode untuk menagih piutang yang telah jatuh tempo seperti melalui telepon,email,dan tindakah hukum lainnya.Jika semua cara telah dilakukan tidak berhasil dan tidak mungkin untuk menagih lagi,maka piutang tersebut harus dihapusbukuan, Dengan persetujuan manajemen.
2) Piutang Wesel Tagih
Wesel tagih,merupakan janji tertulis untuk membayar sejumlah uang (nilai nominal) pada saat diminta atau pada waktu yang telah ditentukan. Surat tersebut dapat dibayarkan ke perorangan atau perusahaan, atau penanggung atau pemegang wesel tagih. Surat tersebut ditandatangani oleh orang atau perusahaan yang membuat janji. Pihak yang berhak menerima uang dari wesel tagih disebut penerima pembayaran (payee), dan pihak yang membuat janji disebut pembuat janji (maker).Tanggal pembayaran wesel tagih disebut tanggal jatuh tempo (due date atau maturity date). Periode waktu antara tanggal penerbitan dan tanggal jatuh tempo wesel tagih jangka pendek dapat dinyatakan dalam jumlah harian atau bulanan .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Gunadarma University

Gunadarma University, my campus, where I study, looking for a lot of knowledge. My highest level of education. At the Gunadarma J campus, I ...